Penjualan Meningkat Dengan Tehnik Hypnoselling Yang Benar

Share on facebook
Share on google
Share on twitter
Share on linkedin

Di zaman ini, strategi penjualan terbaik adalah memberikan edukasi dan knowledge produk yang sesuai dengan customer Anda. Cara seperti ini termasuk dalam tehnik hypnoselling

Di era digital saat ini cara orang dalam mendapatkan produk telah banyak berubah. Otak manusia tidak dapat menyimpan dua pikiran yang saling bertentangan pada saat yang bersamaan.

Oleh sebab itu pengusaha perlu mempelajari tentang apa itu hypnoselling.

Hypnoselling atau hypnosis selling merupakan sebuah strategi yang perlu digunakan oleh pebisnis untuk memberikan sugesti kepada para konsumennya menggunakan komunikasi yang membius.

Cara seperti ini cukup berhasil untuk meningkatkan penjualan dan menjadi strategi yang banyak diandalkan para pelaku bisnis dan marketer.

Pengertian Hypnoselling

Apa itu hypnoselling? Hypnoselling berasal dari 2 kata, yakni hypnosis dan selling. Hypnosis mempengaruhi cara manusia memperhatikan berbagai hal.

Ketika orang terhipnotis, perhatiannya cenderung terfokus pada apa yang disarankan oleh penghipnotis.

Orang cenderung tidak terlalu memperhatikan apa yang terjadi di sekitarnya kecuali ia diarahkan untuk melakukannya. Hipnosis adalah cara mempengaruhi seseorang untuk menanggapi sugesti. Sementara selling adalah proses yang melibatkan interaksi antara calon pembeli untuk menjual produknya.

Selling adalah kegiatan yang mengharuskan seseorang mengumpulkan dan mempelajari informasi yang relevan, seperti deskripsi produk, harga, dan informasi penting dari produk kompetitor.

baca juga : backlink seo auto approve 2023

Jika disimpulkan, hypnosis selling adalah sebuah usaha untuk memenuhi otak customer dengan informasi baru dan mengurangi keraguan pada customer atau ketakutan untuk membeli barang yang Anda tawarkan.

Strategi mengharuskan Anda untuk mengunakan struktur bahasa yang persuasif untuk menghipnotis orang membeli produk Anda. Dalam teknik berjualan ini, Anda diibaratkan sebagai seorang penghipnotis yang harus meyakinkan customer bahwa membutuhkan produk yang sedang Anda tawarkan.

Teknik ini tidak akan menyebabkan hipnosis pada customer, tetapi Anda akan menggunakan pengaruh dan persuasi yang menghipnotis.

Bagaimana Cara Kerja Hypnosis Selling ?

Berbeda dengan hypnosis yang membuat fokus kesadaran seseorang beralih dan menanggapi sugesti yang Anda lakukan, maka hypnosis selling ini lebih ke melakukan teknik-teknik persuasif untuk menyakinkan customer membeli produk Anda. Cara kerja dari hypnosis selling sendiri adalah :

Memahami Profil Customer

Dengan hypnosis selling, Anda dilatih untuk mengenali lima jenis customer utama. Masing-masing dengan alasan tertentu mengapa mereka membeli apa yang Anda tawarkan. Masing-masing alasan ini dikategorisasikan dengan motivasi yang mendasari mereka untuk membeli.

Kelima kategorisasi ini adalah membership, kompetensi, keamanan, kebebasan, keunikan. Setiap kelompok dikenali dari pakaian, bahasa, persepsi dan kepribadian.

Preferensi Informasi

Setiap customer akan memberi tahu Anda tentang informasi bagaimana atau alasan mereka ingin membeli produk atau layanan Anda. Tiga jenis preferensi informasi adalah visual (Saya mengerti maksud Anda), pendengaran (Saya mendengar apa yang Anda katakan), kinestetik (Saya merasa Anda benar).

Nantinya, Anda harus mengembangkan preferensi informasi yang diucapkan customer ini menggunakan kata, ekspresi, dan frasa yang sama.

Gunakan nada suara yang lembut dan persuasif untuk berkomunikasi dan Anda akan mendapatkan kepercayaan dari mereka. Selanjutnya, Anda perlu memperluas dan mengintensifkan pesan penjualan Anda karena sudah mendapatkan kepercayaan dari customer.

Proses Pengambilan Keputusan

baca juga : jasa pengurusan nib di medan

Semua keputusan customer yang sudah terpersuasif dengan komunikasi Anda dibuat karena ada dua motivasi utama.

Pertama, mereka ingin membeli karena ingin membuat Anda senang. Kedua, karena memang cara berjualan Anda unik dan mengarahkan customer bahwa produk atau layanan Anda adalah kebutuhan mereka.

Closing

Hypnoselling menawarkan segudang alat yang terbukti siap membantu Anda agar closing. Beberapa alat yang bisa digunakan adalah :

Gunakan kata-kata manis dan persuasif untuk mempengaruhi customer agar mengatakan “Ya”.

Temukan kata-kata penting yang kurang diketahui dan memicu emosi customer agar melakukan pembelian.

Gunakan perbandingan untuk menghindari keberatan saat meminta customer membeli produk Anda.

Ceritakan kisah yang bermanfaat untuk membangun keinginan membeli.

Pengaruhi keputusan membeli dengan metafora dan perumpamaan yang dramatis.

Ketika customer berbicara cepat, maka Anda juga perlu berbicara dengan cepat. Jika customer Anda mengatakan “tidak”, Anda perlu mengatakan “tidak”.

Anda harus menjadi bayangan dari customer Anda dan jangan banyak menyanggahnya karena Anda harus mengambil hati dan simpatinya.

Mengapa? Karena pengaruh terpenting customer Anda adalah dirinya sendiri. Semakin banyak customer melihat dirinya dalam diri Anda, semakin banyak produk Anda akan terjual.

Anda akan belajar bagaimana mendefinisikan apa yang customer ingin lakukan, dapatkan, atau hindari. Kemudian Anda bisa fokus pada penawaran manfaat produk atau layanan Anda yang memenuhi kebutuhan customer.

cari tahu : jasa pembuatan website medan

Aturan Hypnosis Selling Untuk Penjualan Tinggi

Open Up

Ceritakan kepada customer tentang diri Anda. ceritakan kehidupan pribadi Anda yang sekiranya dramatis. Customer akan mengabaikan Anda jika dia mengira Anda hanyalah sales yang mengejar komisi.

Tanyakan Minat

Setelah Anda mendiskusikan siapa Anda, dari mana asal Anda, apa yang Anda lakukan, tanyakan kepada customer tentang dirinya. Anda perlu mendorong customer untuk berbicara. Tanyakan tentang bisnis apa yang dia geluti, keluarga, pekerjaan dll.

Value Alignment

Sejajarkan nilai dan kembangkan ikatan bersama dengan customer Anda. Terus ajukan pertanyaan. Bersikaplah tulus dan buat customer merasa nyaman menjawab pertanyaan yang Anda ajukan.

Jalin Hubungan Baik

Anda harus menyukai customer sebelum dia dapat menyukai Anda. Jika customer menyukai Anda, dia akan mendengarkan apa saja yang Anda bicarakan.

Ketika Anda terlalu banyak memberikan informasi yang mendidik daripada h menjual, customer akan mempercayai Anda. Ketika customer mempercayai Anda, dia akan membeli.

cari tahu : jasa digital marketing di medan

Manfaat Hypnosis Selling

  • Mengubah pengetahuan menjadi keterampilan yang praktis, layak dan menguntungkan.
  • Keterampilan ini sangat bagus untuk tim penjualan dalam sebuah perusahaan karena bisa melatih skill berjualan.
  • Mampu meningkatkan penjualan produk dan layanan dalam perusahaan.
  • Meyakinkan customer untuk membeli produk atau layanan dengan cara yang elegan.
  • Cara yang sangat efisien karena tidak banyak menghabiskan waktu untuk menawarkan penjualan.
  • Strategi penjualan yang lebih modern karena tidak membutuhkan banyak modal untuk beriklan.
  • Lebih fleksibel karena perusahaan hanya perlu memberikan beberapa pelatihan hypnoselling pada tim sales dan marketing.
  • Resiko jualan ditolak lebih kecil rasionya dibandingkan dengan tim sales yang tidak menggunakan teknik hypnosis selling.

Nah, teknik hypnosis selling ini sudah digunakan oleh banyak perusahaan dan semua industri. Teknik ini juga dikenal dengan hipnotis diberi label Power Selling, Neuro-linguistic Selling dan juga Conversational Hypnosis.

cari tahu : tempat belajar digital marketing di medan

Hypnosis selling adalah salah satu pelatihan penjualan paling efektif dan bagus untuk diterapkan oleh karyawan yang bergerak di bidang sales dan marketing.

Anda yang tertarik untuk mengembangkan penjualan produk di perusahaan bisa k menerapkan prinsip-prinsip persuasif dari hypnosis selling. Teknik satu ini bagus sekali untuk digunakan dalam karir karyawan Anda. Dengan hypnosis selling, Anda bisa menggunakan keterampilan menjual yang menghipnotis.

Ketika customer Anda mengatakan “Ya” dan yakin membeli produk atau layanan Anda, maka dia akan berpikir bahwa keputusannya diambil dengan logika, akal sehat, dan kecerdasan bukan karena merasa gegabah atau tertipu dengan kata-kata Anda.